ANALISIS DALAM STRATEGI PERSAINGAN GLOBAL


I.             PENDAHULUAN
Persaingan dunia usaha akan semakin ketat menjelang era perdagangan bebas antar negara di kawasan Asia Pasifik yang akan dimulai tahun 2010 bagi negara maju dan tahun 2020 bagi negara berkembang. Persaingan global merupakan suatu tahap perkembangan fenomena budaya yang harus dilalui oleh kemajuan peradaban dan kehidupan. Yang terpenting adalah bagaimana menentukan sikap dan mempersiapkan diri untuk menghadapi datangnya fenomena tersebut.

Globalisasi ekonomi dan sistem pasar bebas dunia menempatkan Indonesia menjadi bagian dari sistem tersebut. Melalui perambatan budaya asing ke Indonesia. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting dalam kehidupan dan menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dipecahkan guna memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

II.           TEORI
·         Analisis Industri
Industri dalam arti sempit adalah kumpulan perusahaan yang menghasilkan produk sejenis dimana terdapat kesamaan dalam bahan baku yang digunakan, proses, bentuk produk akhir, dan konsumen akhir. Dalam arti yang lebih luas, industri dapat didefinisikan sebagai kumpulan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa dengan elastisitas silang yang positif dan tinggi (Kuncoro, 2007).

Teori organisasi Industri oleh Joe S. Bain (1950) yang menyatakan bahwa struktur industri tidak hanya terbatas pada ukuran besarnya industri, tetapi juga ditentukan dengan mobilitas hambatan masuk ke dalam industri.

Analisis Industri merupakan salah satu bagian dari analisis fundamental. Analisis industri biasanya dilakukan setelah kita melakukan analisis ekonomi. Analisis industri menjadi tahap penting yang harus dilakukan. Para investor dan analis dapat mengidentifikasi peluang investasi, risiko dan return yang diharapkan kedepannya.

·         Keunggulan Kompetitif

Menurut Michael E. Porter dalam tulisannya berjudul “Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance” keunggulan kompetitif bertumbuh secara fundamental dari nilai yang memungkinkan perusahaan untuk menciptakan nilai itu bagi para pembelinya melebihi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakannya.

·         Persaingan Global dan Keunggulan Kompetitif Nasional
ü  Persaingan Global
Merupakan suatu tahap perkembangan fenomena budaya yang harus dilalui oleh kemajuan peradaban dan kehidupan. Yang terpenting adalah bagaimana menentukan sikap dan mempersiapkan diri untuk menghadapi datangnya fenomena tersebut.
ü  Keunggulan Kompetitif
Kemampuan yang dimiliki oleh sebuah organisasi untuk merumuskan strategi dan mengaplikasikannya pada suatu posisi yang tepat dengan menggunakan kemampuan karakteristik dan segala sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Ada dua hal yang akan mempengaruhi tercapainya keunggulan kompetitif, yaitu harga yang rendah dan keunikan produk itu sendiri.

ü  Keunggulan Kompetitif Nasional
Merupakan penilaian kemampuan suatu negara untuk berpartisipasi kompetitif di pasar internasional. Beberapa negara memiliki keunggulan lebih dari yang lain, karena berbagai alasan. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka untuk meningkatkan keunggulan kompetitif nasional mereka.

III.         ANALISIS
ANALISIS INDUSTRI
Walaupun kekuatan persaingan dalam suatu industri tidak pernah persis satu dengan lainnya, tetapi bagaimana kompetisi berlangsung dari satu industri ke industri yang lain dapat dipelajari dengan menggunakan dasar analisis yang sama. Secara umum, persaingan dalam suatu industri terbentuk karena adanya lima kekuatan pembentuk persaingan seperti hal nya yang dikemukakan oleh Michael E. Porter 1980 :
1.    Rivalitas diantara penjual dalam industri.
2.    Kekuatan yang mendorong munculnya pendatang baru dalam industri.
3.    Dorongan kekuatan dari perusahaan lain yang menghasilkan produk subtutitusi.
4.    Kekuatan tawar-menawar dari para pemasok.
5.    Kekuatan tawar-menawar dari pembeli.
CONTOH :
PT XL telah berupaya sepenuhnya untuk dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan melalui layanan yang berkualitas tinggi. Fokus masa, dari yang pada awalnya XL tidak terlalu menargetkan segmen pasarnya, akan tetapi sekarang mengarah ke pasar yang ingin bicara tidak sebentar (anak muda yang mau curhat dan pebisnis yang mau bicara dengan durasi yang lama).

               KEUNGGULAN KOMPETITIF
               CONTOH :
Tindakan peningkatan competitive advantage yang sangat terkenal dilakukan oleh Southwest airline tahun 1971 di airport Love Field Dallas. Pendirinya adalah Lamar Muse, Rollin King dan Herb Kelleher. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif mereka bersepakat untuk membuka rute penerbangan yang sepi dan jarak pendek dan menjadikan web perusahaan sebagai tempat reservasi pesawat. Kala itu masih belum ada perusahaan yang bisa reservasi melalui website.
Tidak hanya sekedar inovasi, competitive advantage juga harus meningkatkan nilai dan segi kemanfaatan bagi pelanggan. Lebih lagi bagi sistem bisnis yang semakin matang dan kuat.
KEUNGGULAN KOMPETITIF NASIONAL
Martha Tilaar Group, Perusahaan ini terbentuk pada tahun 1970, dimulai dengan bisnis di garasi rumah seluas 4x6 milik Dr. Martha Tilaar. Perusahaan ini memilih untuk bereskpansi ke negara lain dengan alasan bahwa modalitas Martha Tilaar yang berasal dari bahan-bahan asli Indonesia, dapat menjadi keunggulan kompetitif yang dimilikinya. Memang, pasar terbesar perusahaan ini adalah negara-negara yang memiliki banyak pekerja Indonesia, namun tidak dapat disangkal bahwa Martha Tilaar banyak diterima oleh masyarakat dunia.

IV.         REFERENSI
Buku :
Mudrajad, Kuncoro. 2007. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga

Porter, Michael E. 1996. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta : Erlangga

Porter, Michael E. 1980. “Competitive Strategy” Techniques For Analysing Inudstries and Competitors. New York : The Free Press.

Jurnal :
Digilib.unila.ac.id

Internet :

https://mail.google.com/mail/u/0/images/cleardot.gif
https://mail.google.com/mail/u/0/images/cleardot.gif




Comments

Popular posts from this blog

PERKEMBANGAN ETIKA BISNIS

KASUS PELANGGARAN ETIKA BISNIS PT. FREEPORT

Norma Moral dan Etika dalam bisnis Internasional