ANALISIS KASUS PEMASARAN GLOBAL KOMPILASI HASIL PENELITIAN E-MARKETING


I.                   PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi komunikasi, media dan informatika (telematika), terutama multimedia dan internet, telah mengubah masyarakat dalam melakukan sebagian besar aktifitas. Perusahaan dewasa ini banyak dituntut untuk memiliki strategi bisnis yang kuat, demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan pemasarannya. Dalam membangun kekuatan dan strategi tersebut diperlukan alat yang dapat mendukung pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan adalah internet.

Penggunaan internet dapat mempermudah untuk berkomunikasi serta memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Dengan memanfaatkan internet, perusahaan dapat memasarkan produknya secara elektronik atau online, istilahnya e-marketing. Perusahaan juga dapat mempromosikan keberadaannya agar lebih dikenal masyarakat luas.

PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara sejak beberapa tahun terakhir membentuk suatu unit kerja baru yaitu pengembangan usaha untuk melakukan ekspansi usaha dengan mengelola atau merawat gedung-gedung di luar induk perusahaan PT. Bank Mandiri, serta melaksanakan jasa konstruksi atau renovasi gedung dengan menempatkan tenaga ahli konstruksi berpengalaman dibidang arsitektur dan sipil agar bersinergi dengan keahlian mekanikal atau elektrikal yang telah dimiliki perusahaan selama ini.
Tujuan dan manfaat pada penulisan ini adalah mengembangkan website e-marketing yang tepat bagi  perusahaan sehingga mampu menjadi media yang tepat bagi perusahaan dalam memasarkan jasanya agar meraih pelanggan dengan lebih baik. Mendukung strategi pemasaran sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar serta meningkatkan hubungan yang lebih baik di masa mendatang. Diharapkan pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengenai perusahaan sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Mendapatkan pengetahuan dan wawasan tambahan dalam hal pemasaran, khususnya e-marketing.

II.                LANDASAN TEORI
Menurut Nielsen (2006), dalam mengembangkan suatu website, ada beberapa hal yang perlu diamati sehubungan dengan konsep usability “kegunaan” yang merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan, yaitu : (1) keterbukaan, (2) pengalaman pengguna web, (3) lebih awal meninjau temuan kegunaan web, (4) memprioritaskan pencarian, navigasi dan arsitektur informasi, (5) mudah dibaca & menyajikan elemen-elemen halaman, (8) menyelaraskan teknologi dengan kebutuhan masyarakat, dan (9) desain yang baik.

E-marketing adalah suatu proses membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan melalui suatu kegiatan online untuk memberikan fasilitas pertukaran ide, produk dan pelayanan untuk memenuhi keinginan dari kedua belah pihak (Rafi et al, 2003).

Kotler (2003) berpendapat bahwa e-marketing adalah sisi pemasaran dari e-commerce yang terdiri dari usaha perusahaan untuk memberikan informasi, berpromosi dan menjual produk dan pelayanan melalui internet. Bagian lain selain e-marketing adalah e-purchasing, yang merupakan sisi proses penjualan e-commerce.


III.             ANALISIS
ANALISIS JURNAL PENELITIAN ILMIAH MENGENAI
“Pengembangan Website e-marketing studi kasus pada PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara”
Sebelum melakukan pemasaran melalui internet, perusahaan telah melakukan analisis terhadap peluang pasar yang akan diperoleh nantinya. Perusahaan melakukan analisis bisnis yang ada dan mempertimbangkan untuk membuat strategi pemasaran yang potensial yang dapat memperkuat strategi unit bisnisnya. Strategi pemasaran seperti : (a) segmentasi-berdasarkan karakteristik segmentasi, pasar perusahaan masih tetap terbagi menjadi dua segmen yaitu membangun dari awal produk arsitektur yang belum ada dan mengembangkan produk arsitektur yang sudah ada.

Untuk kebutuhan customer relationship perusahaan dapat melakukan : (a) awarness – beberapa strategi yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan awarness bagi konsumen lama maupun calon konsumen melalui dua cara,yaitu offline – dilakukan dengan mencantumkan alamat situs web perusahaan pada company profile maupun kartu nama yang diberikan kepada pelanggan. Domain alamat email yang telah digunakan adalah www.ptugbdn.co.id. Digunakannya www.ptugbdn.co.id sebagai nama dari alamat web perusahaan karena lebih dikenal oleh pelanggan lama perusahaan serta untuk pelanggan baru perusahaan akan lebih mudah mengingat sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi pelanggan.

Sistem pemasaran yang sedang berjalan atau yang ada sebelumnya terdapat kebutuhan maupun harapan member yang belum terpenuhi. Selain itu pula, terdapat peluang pasar yang cukup besar bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memperluas pangsa pasarnya. Sistem yang baru menawarkan fitur fungsionalitas dan penyebaran informasi perusahaan kepada calon-calon pelanggan serta membantu perusahaan merancang strategi pemasaran, program pemasaran dan bauran dalam memelihara bisnis dengan pelanggan yang mendukung interaksi.

IV.              REFERENSI
Buku :
Chaffey, Dave. 2000. Internet marketing:Strategy, Implementation and Practice. New Jersey: Pretince Hall.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey:Pearson Education.

Nielsen J. & Loranger H. 2006. Prioritizing Web Usability. Berkeley : New Riders.

Whitten, Jeffrey. 2001. System Analysis & Design Method. New York : Mc Graw-Hill.

Jurnal Nasional :
Honny san Fitri Amelia. 2011. “Pengembangan Website e-marketing studi kasus pada PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara”. Jurnal Sistem Informasi : Binus University.

Comments

Popular posts from this blog

PERKEMBANGAN ETIKA BISNIS

KASUS PELANGGARAN ETIKA BISNIS PT. FREEPORT

Norma Moral dan Etika dalam bisnis Internasional