FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DUNIA BISNIS SECARA UMUM



1.  Pendahuluan

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap  keberhasilan atau kegagalan dalam bisnis, karena lemen-elemen yang ada di dalam lingkungan dapat mendorong dan dapat juga menghambat aktifitas bisnis. Itu diakibatkan karena perubahan yang terjadi di dalam lingkungan akan berdampak positif ataupun negatif terhadap aktifitas bisnis.

Salah satu contoh dampak negatif dari perubahan lingkungan adalah saat pemerintah membatasi kuota kacang kedelai dari luar negeri itu akan mempengaruhi harga jual kacang kedelai itu sendiri, dan konsumen menjadi terbeban. Saat harga jual naik itu akan mengakibatkan penurunan penjualan dan akan menyebabkan dampak buruk terhadap bisnis tersebut.


Dan selain dampak negatif ada juga dampak positif dari perubahan lingkungan adalah kemajuan TI yang membuat segala operasional usaha menjadi lebih mudah dan praktis.


2.      Lingkungan Bisnis

lingkungan bisnis adalah faktor-faktor yang biisa berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap aktifitas bisnis.

Dan lingkungan bisnis sendiri terbagi menjadi 2 yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal
  a.   lingkungan bisnis internal
lingkungan bisnis internal adalah faktor faktor yang ada dalam kegiatan produksi itu sendiri dan berpengaruh langsung terhadap hasil produksi. Biasanya Lingkungan ini digunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan. Lingkungan ini sendiri terdiri dari:

  • Tenaga kerja
  •  Modal
  •  Bahan baku
  •  Alat produksi
  •  Manajemen
  •  Pemegang saham
 b. Lingkungan bisnis eksternal
Lingkungan eksternal adalah faktor yang tidak berpengaruh langsung terhadap perusahaan.

Lingkunag ini terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro:

1. Lingkungan Mikro

lingkungan ini adalah lingkunangan yang secara langsung relevan bagi perusaan untuk bisa mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Hal-hal yang termasuk dalam lingkungan mikro, yaitu:

·       pelangggan, kelompok/konsumen yang mengkonsumsi produk yang 
dihasilkan oleh suatu perusahaan.

·       Pemasok,  adalah kelompok atau individu yang menyediakan segala sesuatu  
yang dibutuhkan oleh perusahaan memproduksi produknya misalnya bahan 
baku, alat produksi, keuangan dan tenaga kerja.

·       Perantara, orang yang berperan sebagai penyalur antara perusahaan yang 
menghasilkan produksi kepada para pelangggan,

·       Pesaing,  perusahaan yang menawarkan kepada pelanggan yang dan punya 
produk yang sama.

·       Kreditor, kelompok atau perusahaan tertentu yang berpengaruh terhadap 
kegiatan organisasi  keuangan, contohnya:  bank atau individu yang 
menawarkan pinjaman uang.

·       Pembuat peraturan,  badan yang bergerak sebagai  penegak hukum

·       Serikat kerja, organisasi yang mengumpulkan para pekerja untuk 
memperjuangkan aspirasi para peerja.
2. Lingkungan makro
adalah lingkungan yang  mempunyai dampak secara tidak langsung terhadap perusahaan . Lingkungan ini memiliki cakupan yang sangat luas dibandingkan lingkungan mikro. Yang termasuk dalam lingkungan makro adalah lingkungang teknologi, lingkungan ekonomi, lingkungan sosial budaya, lingkungan hukum, lingkungan global dan lingkungan alam.
3.  Pengaruh Lingkungan Terhadap Operasional Perusahaan
Sistem perusahaan sekarang ini sudah tebuka dan sangat kompleks.  Elemen-elemen yang terdapat di dala sistem sebuah perusahaan meliputi orang dan jaringan yang saling terhubung , saling berinteraksi , saling berkepentingan, dan saling bergantung.  Maka kebeberadaan perusahaan bukan hanya ditentukan oleh elemen elemen yang ada di dalam sebuah perusahaan tetapi juga oleh faktor faktor yang ada di luar perusahaan . baik itu faktor manusia ataupun bukan manusia.


Faktor manusia antara lain: pelanggan, pemasok, pemerintah dan penanam modal baik secar individu ataupun organisasi.

Faktor bukan manusia yaitu alam sebagai bahan baku dan tempat menjalankan aktifitas bisnis.
Orang- orang selama ini hanya melihat faktor eksternal dalam bentuk politik, ekonomi, teknologi, dan sosial budaya, mereka lupa bahwa semua itu diciptakan oleh manusia.


Menurut kusdi (2009) hubungan antara perusahaan dengan elemen linfkungan dapat berupa:
A .  Hubungan bersifat jangka panjang,  Hubungan dengan pemasok, baik itu berupa pemasok energi, bahan, pemodal,pelanggan, masyarakat dan pemerintah
B . Hubungan yang bersifat sementara/ jangka pendek. Contohnya hubungan dengan pelanggan yang bersifat sekali ataupun bisa berulan-ulang.
C. Hubungan besifat kerjasama,  bisa bersifat persaingan atau perbedaan kepentingan.
D.  Hubungan regulatif. Hubungan dengan badan-badan pemerintahan

4.  Strategi Dalam Merespon Pengaruh Lingkungan
Ada 2 strategi dasar yang bisa dilakukan oleh organisasi intuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yaitu melalui perubahan internal dan melalui pengendalian lingkungan
a.     Perubahan internal
Menyesuaikan aspek aspek di dalam organisasi seperti perencanaan, struktur, sistem dan prosedur kerja sehingga dapat menyesuaikan dengan perubahan lingkungan yang dapat berubah sewaktu-waktu. 
b.     Pengendalian Lingkungan
Untuk mengendalikan lingkungan dapat melakukan cara cara berikut , diantaranya :
·       Merger Menyatukan organisasi lain sehingga dapat dilakukan pengawasan
bersama

·       Kontrak atau joint ventures,  ini dapat mengurangi ketidakpastian  sehingga terjadi
kepemilikan dan pengawasan bersama

·       Kooptasi, memasukan orang-orang yang berpengaruh terhadap lingkungan intuk 
masuk kedalam organisasi, contohnya memasukan pejabat pemerintah ke dlam 
organisasi .

·       Iklan dan humas, cara menciptakan hubungan yang baik terhadap lingkungan dan 
mengubah pandangan masyarakat.

·       Asosiasi pengusaha sejenis , ini seringkali bisa menimbulkan suatu kekuatan 
yang cukup besar dalam mempengaruhi lingkungan .

·       Merubah bidang kegiatan , dan jika lingkungan tidak bisa dikendalikna lagi anda 
bisa merubah bidang kegiatannya , misal memilih bidang kegiatan yang 
persaingannya relatif mudah yang tidak bnyak campur tangan pemerintah .





Comments

Popular posts from this blog

PERKEMBANGAN ETIKA BISNIS

KASUS PELANGGARAN ETIKA BISNIS PT. FREEPORT

Norma Moral dan Etika dalam bisnis Internasional