ANALISIS DALAM STRATEGI PERSAINGAN GLOBAL
I.
PENDAHULUAN
Persaingan dunia usaha akan
semakin ketat menjelang era perdagangan bebas antar negara di kawasan Asia
Pasifik yang akan dimulai tahun 2010 bagi negara maju dan tahun 2020 bagi
negara berkembang. Persaingan global merupakan suatu tahap perkembangan
fenomena budaya yang harus dilalui oleh kemajuan peradaban dan kehidupan. Yang
terpenting adalah bagaimana menentukan sikap dan mempersiapkan diri untuk
menghadapi datangnya fenomena tersebut.
Globalisasi ekonomi dan
sistem pasar bebas dunia menempatkan Indonesia menjadi bagian dari sistem
tersebut. Melalui perambatan budaya asing ke Indonesia. Globalisasi menyentuh
seluruh aspek penting dalam kehidupan dan menciptakan berbagai tantangan dan
permasalahan baru yang harus dipecahkan guna memanfaatkan globalisasi untuk
kepentingan kehidupan.
II.
TEORI
·
Analisis
Industri
Industri dalam arti sempit
adalah kumpulan perusahaan yang menghasilkan produk sejenis dimana terdapat
kesamaan dalam bahan baku yang digunakan, proses, bentuk produk akhir, dan
konsumen akhir. Dalam arti yang lebih luas, industri dapat didefinisikan
sebagai kumpulan perusahaan yang memproduksi barang dan jasa dengan elastisitas
silang yang positif dan tinggi (Kuncoro, 2007).
Teori organisasi Industri
oleh Joe S. Bain (1950) yang menyatakan bahwa struktur industri tidak hanya
terbatas pada ukuran besarnya industri, tetapi juga ditentukan dengan mobilitas
hambatan masuk ke dalam industri.
Analisis Industri merupakan
salah satu bagian dari analisis fundamental. Analisis industri biasanya
dilakukan setelah kita melakukan analisis ekonomi. Analisis industri menjadi
tahap penting yang harus dilakukan. Para investor dan analis dapat
mengidentifikasi peluang investasi, risiko dan return yang diharapkan
kedepannya.
·
Keunggulan
Kompetitif
Menurut Michael E. Porter
dalam tulisannya berjudul “Competitive
Advantage : Creating and Sustaining
Superior Performance” keunggulan kompetitif bertumbuh secara fundamental
dari nilai yang memungkinkan perusahaan untuk menciptakan nilai itu bagi para
pembelinya melebihi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakannya.
·
Persaingan
Global dan Keunggulan Kompetitif Nasional
ü Persaingan Global
Merupakan suatu tahap perkembangan fenomena budaya yang harus dilalui oleh
kemajuan peradaban dan kehidupan. Yang terpenting adalah bagaimana menentukan
sikap dan mempersiapkan diri untuk menghadapi datangnya fenomena tersebut.
ü Keunggulan Kompetitif
Kemampuan yang dimiliki oleh
sebuah organisasi untuk merumuskan strategi dan mengaplikasikannya pada suatu
posisi yang tepat dengan menggunakan kemampuan karakteristik dan segala sumber
daya yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan
yang sebesar-besarnya. Ada dua hal yang akan mempengaruhi tercapainya
keunggulan kompetitif, yaitu harga yang rendah dan keunikan produk itu sendiri.
ü Keunggulan Kompetitif Nasional
Merupakan penilaian kemampuan
suatu negara untuk berpartisipasi kompetitif di pasar internasional. Beberapa
negara memiliki keunggulan lebih dari yang lain, karena berbagai alasan. Untuk
mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah dapat mengidentifikasi kekuatan dan
kelemahan mereka untuk meningkatkan keunggulan kompetitif nasional mereka.
III.
ANALISIS
ANALISIS INDUSTRI
Walaupun kekuatan persaingan
dalam suatu industri tidak pernah persis satu dengan lainnya, tetapi bagaimana
kompetisi berlangsung dari satu industri ke industri yang lain dapat dipelajari
dengan menggunakan dasar analisis yang sama. Secara umum, persaingan dalam
suatu industri terbentuk karena adanya lima kekuatan pembentuk persaingan
seperti hal nya yang dikemukakan oleh Michael E. Porter 1980 :
1.
Rivalitas diantara penjual dalam industri.
2.
Kekuatan yang mendorong munculnya pendatang baru dalam
industri.
3.
Dorongan kekuatan dari perusahaan lain yang menghasilkan
produk subtutitusi.
4.
Kekuatan tawar-menawar dari para pemasok.
5.
Kekuatan tawar-menawar dari pembeli.
CONTOH :
PT XL telah berupaya sepenuhnya untuk dapat memenuhi kebutuhan para
pelanggan melalui layanan yang berkualitas tinggi. Fokus masa, dari yang pada
awalnya XL tidak terlalu menargetkan segmen pasarnya, akan tetapi sekarang
mengarah ke pasar yang ingin bicara tidak sebentar (anak muda yang mau curhat
dan pebisnis yang mau bicara dengan durasi yang lama).
KEUNGGULAN
KOMPETITIF
CONTOH :
Tindakan peningkatan competitive advantage yang sangat terkenal dilakukan
oleh Southwest airline tahun 1971 di airport
Love Field Dallas. Pendirinya adalah Lamar Muse, Rollin King dan Herb
Kelleher. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif mereka bersepakat untuk
membuka rute penerbangan yang sepi dan jarak pendek dan menjadikan web
perusahaan sebagai tempat reservasi pesawat. Kala itu masih belum ada
perusahaan yang bisa reservasi melalui website.
Tidak hanya sekedar inovasi, competitive
advantage juga harus meningkatkan nilai dan segi kemanfaatan bagi
pelanggan. Lebih lagi bagi sistem bisnis yang semakin matang dan kuat.
KEUNGGULAN
KOMPETITIF NASIONAL
Martha Tilaar Group,
Perusahaan ini terbentuk pada tahun 1970, dimulai dengan bisnis di garasi rumah
seluas 4x6 milik Dr. Martha Tilaar. Perusahaan ini memilih untuk bereskpansi ke
negara lain dengan alasan bahwa modalitas Martha Tilaar yang berasal dari
bahan-bahan asli Indonesia, dapat menjadi keunggulan kompetitif yang
dimilikinya. Memang, pasar terbesar perusahaan ini adalah negara-negara yang
memiliki banyak pekerja Indonesia, namun tidak dapat disangkal bahwa Martha
Tilaar banyak diterima oleh masyarakat dunia.
IV.
REFERENSI
Buku :
Mudrajad, Kuncoro. 2007. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga
Porter, Michael E. 1996. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing.
Jakarta : Erlangga
Porter, Michael E. 1980. “Competitive Strategy” Techniques For Analysing Inudstries and
Competitors. New York : The Free Press.
Jurnal :
Digilib.unila.ac.id
Internet :
![]() ![]() |
||
https://www.google.co.id/amp/s/article596.wordpress.com/2018/01/07/strategi-indonesia-menghadapi-persaingan-global/amp/
https://www.slideshare.net/mobile/RikalHidayat/analisis-industri
http://blogs.unpas.ac.id/fkusnandi/2013/11/25/nationalcompetitiveadvantage/
https://www.tommcifle.com/pentingnya-menciptakan-competitive-advantages/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/inilah-20-perusahaan-indonesia-yang-berhasil-dalam-pasar-global
https://www.slideshare.net/mobile/RikalHidayat/analisis-industri
http://blogs.unpas.ac.id/fkusnandi/2013/11/25/nationalcompetitiveadvantage/
https://www.tommcifle.com/pentingnya-menciptakan-competitive-advantages/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/29/inilah-20-perusahaan-indonesia-yang-berhasil-dalam-pasar-global
Comments
Post a Comment