ANALISIS KASUS PEMASARAN GLOBAL KOMPILASI HASIL PENELITIAN E-MARKETING
I.
PENDAHULUAN
Perkembangan
teknologi komunikasi, media dan informatika (telematika), terutama multimedia
dan internet, telah mengubah masyarakat dalam melakukan sebagian besar
aktifitas. Perusahaan dewasa ini banyak dituntut untuk memiliki strategi bisnis
yang kuat, demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan
pemasarannya. Dalam membangun kekuatan dan strategi tersebut diperlukan alat
yang dapat mendukung pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa.
Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan adalah
internet.
Penggunaan
internet dapat mempermudah untuk berkomunikasi serta memperoleh informasi yang
dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Dengan memanfaatkan internet, perusahaan
dapat memasarkan produknya secara elektronik atau online, istilahnya
e-marketing. Perusahaan juga dapat mempromosikan keberadaannya agar lebih
dikenal masyarakat luas.
PT. Usaha
Gedung Bank Dagang Negara sejak beberapa tahun terakhir membentuk suatu unit
kerja baru yaitu pengembangan usaha untuk melakukan ekspansi usaha dengan
mengelola atau merawat gedung-gedung di luar induk perusahaan PT. Bank Mandiri,
serta melaksanakan jasa konstruksi atau renovasi gedung dengan menempatkan
tenaga ahli konstruksi berpengalaman dibidang arsitektur dan sipil agar
bersinergi dengan keahlian mekanikal atau elektrikal yang telah dimiliki
perusahaan selama ini.
Tujuan dan
manfaat pada penulisan ini adalah mengembangkan website e-marketing yang tepat
bagi perusahaan sehingga mampu menjadi
media yang tepat bagi perusahaan dalam memasarkan jasanya agar meraih pelanggan
dengan lebih baik. Mendukung strategi pemasaran sehingga mampu meningkatkan
pangsa pasar serta meningkatkan hubungan yang lebih baik di masa mendatang.
Diharapkan pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan
mengenai perusahaan sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi. Mendapatkan
pengetahuan dan wawasan tambahan dalam hal pemasaran, khususnya e-marketing.
II.
LANDASAN TEORI
Menurut
Nielsen (2006), dalam mengembangkan suatu website, ada beberapa hal yang perlu
diamati sehubungan dengan konsep usability “kegunaan” yang merupakan faktor
penting yang perlu diperhatikan, yaitu : (1) keterbukaan, (2) pengalaman
pengguna web, (3) lebih awal meninjau temuan kegunaan web, (4) memprioritaskan
pencarian, navigasi dan arsitektur informasi, (5) mudah dibaca & menyajikan
elemen-elemen halaman, (8) menyelaraskan teknologi dengan kebutuhan masyarakat,
dan (9) desain yang baik.
E-marketing adalah
suatu proses membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan melalui
suatu kegiatan online untuk memberikan fasilitas pertukaran ide, produk dan
pelayanan untuk memenuhi keinginan dari kedua belah pihak (Rafi et al, 2003).
Kotler
(2003) berpendapat bahwa e-marketing
adalah sisi pemasaran dari e-commerce
yang terdiri dari usaha perusahaan untuk memberikan informasi, berpromosi dan
menjual produk dan pelayanan melalui internet. Bagian lain selain e-marketing adalah e-purchasing, yang merupakan sisi proses penjualan e-commerce.
III.
ANALISIS
ANALISIS JURNAL PENELITIAN ILMIAH MENGENAI
“Pengembangan
Website e-marketing studi kasus pada PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara”
Sebelum
melakukan pemasaran melalui internet, perusahaan telah melakukan analisis
terhadap peluang pasar yang akan diperoleh nantinya. Perusahaan melakukan
analisis bisnis yang ada dan mempertimbangkan untuk membuat strategi pemasaran
yang potensial yang dapat memperkuat strategi unit bisnisnya. Strategi
pemasaran seperti : (a) segmentasi-berdasarkan karakteristik segmentasi, pasar
perusahaan masih tetap terbagi menjadi dua segmen yaitu membangun dari awal
produk arsitektur yang belum ada dan mengembangkan produk arsitektur yang sudah
ada.
Untuk kebutuhan
customer relationship perusahaan dapat melakukan : (a) awarness – beberapa strategi
yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan awarness bagi konsumen lama maupun
calon konsumen melalui dua cara,yaitu offline – dilakukan dengan mencantumkan
alamat situs web perusahaan pada company profile maupun kartu nama yang
diberikan kepada pelanggan. Domain alamat email yang telah digunakan adalah www.ptugbdn.co.id. Digunakannya www.ptugbdn.co.id sebagai nama dari alamat
web perusahaan karena lebih dikenal oleh pelanggan lama perusahaan serta untuk
pelanggan baru perusahaan akan lebih mudah mengingat sehingga tidak menimbulkan
kebingungan bagi pelanggan.
Sistem pemasaran
yang sedang berjalan atau yang ada sebelumnya terdapat kebutuhan maupun harapan
member yang belum terpenuhi. Selain itu pula, terdapat peluang pasar yang cukup
besar bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memperluas pangsa pasarnya. Sistem
yang baru menawarkan fitur fungsionalitas dan penyebaran informasi perusahaan
kepada calon-calon pelanggan serta membantu perusahaan merancang strategi
pemasaran, program pemasaran dan bauran dalam memelihara bisnis dengan pelanggan
yang mendukung interaksi.
IV.
REFERENSI
Buku :
Chaffey,
Dave. 2000. Internet marketing:Strategy,
Implementation and Practice. New Jersey: Pretince Hall.
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey:Pearson Education.
Nielsen J. & Loranger
H. 2006. Prioritizing Web Usability.
Berkeley : New Riders.
Whitten, Jeffrey. 2001. System Analysis & Design Method. New
York : Mc Graw-Hill.
Jurnal Nasional :
Honny san
Fitri Amelia. 2011. “Pengembangan Website
e-marketing studi kasus pada PT. Usaha Gedung Bank Dagang Negara”. Jurnal
Sistem Informasi : Binus University.
Comments
Post a Comment