Manfaat Koperasi Unit Desa bagi Para Petani


Koperasi merupakan wadah yang telah disediakan panitia guna membantu kelancaran dari perputaran roda perekonomian Indonesia. Selain itu, koperasi juga diharapkan dapat membantu jalanya usaha para pengusaha kecil yang kesulitan mencari modal dan sulit untuk mengajukan peminjaman dana ke bank-bank besar karena syarat-syarat yang cukup berbelit dan sulit untuk dipenuhi, atau mungkin  juga ada alasan mengenai bunga yang cukup tinggi.
keuntungan Koperasi Unit Desa atau yang biasa kita kenal dengan KUD merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu perekonomian para warga desa. Perkumpulan kelompok tani yang sering didengung-dengungkan oleh pemerintah sepertinya tidak berjalan sesaui dengan harapan. Harapan pemerintah dengan adanya perkumpulan kelompok tani adalah agar kelompok tani tersebut dapat saling membantu dalam cara metode penanaman yang baik dan benar, maupun bimbingan-bimbingan dalam hal bercocok tanam. Selain itu, kelompok tani ini sejatinya diharapkan dapat membantu juga dalam hal penyaluran bahan-bahan atau barang-barang yang dibutuhkan untuk bercocok tanam. Namun, ternyata kenyataanya dilapangan adalah kelompok tani ini hanya terbentuk pada saat adanya bantuan dari pemerintah saja.
Disinlah peran dari koperasi unti desa diperlukan. keuntungan Koperasi unit desa diharapkan dapat membantu para petani dalam hal :
1.       Dana dan permodalan
2.       Menyediakan alat-alat pertanian.
3.       Menyediakan pupuk, bibit dan keperluan menaman lainya dengan harga murah.
4.       Memberikan penyuluhan dan bimbingan tentang bagaimana cara menanam yang baik agar hasil dapat maximal.
Selain itu, KUD diharapkan juga dapat menggerakan anak-anak muda desa untuk lebih perduli dengan potensi desa mereka dan menggembangkannya, agar desa mereka menjadi desa yang lebih maju dikemudian hari.

Comments

Popular posts from this blog

PERKEMBANGAN ETIKA BISNIS

KASUS PELANGGARAN ETIKA BISNIS PT. FREEPORT

Norma Moral dan Etika dalam bisnis Internasional